Rabu, 09 Mei 2018

P.V. VAN STEIN CALLENFELS – PELOPOR PENELITIAN SISTEMATIS PRASEJARAH HINDIA BELANDA (INDONESIA)





Disusun 
Oleh Y. Setiyo Hadi (Boemi Poeger Persada)

Umum dikenal dengan sebutan Van Stein Callenfels, memiliki nama lengkap Pieter Vincent van Stein Callenfels, dilahirkan di Maatricht pada tanggal 4 September 1883 dan meninggal di Colombo (Srilangka) pada tanggal 26 April 1938. Dikenal sebagai Arkeolog dan sejarawan yang bekerja di Nederlands-Indi (Hindia Belanda – sekarang Indonesia). Ayah van Stein Callenfels adal Jan Marius van Stein Callenfels dan ibunya dalah Suzanna Geertruida Rookmaker.

Masa Sekola Menengah atau HBS di Nijmegen, van Stein Callenfels berteman dengan N. J. Krom yang kemudian hari dikenal dengan kajian tentang Hindu di Indonesia. Van Stein Callenfels belajar Indologi di Universitas Leiden antara tahun 1902 sampai 1904.

Pada tahun 1904, Van Stein Callenfels mengikuti ujian pegawai sipil. Pergi ke Surabaya pada tahun 1905 bekerjadi pada Pemerintah Kolonial Hindia Belanda yang dipekerjakan ileh Sekretaris Jenderal Hindia Belanda. Karena tidak betah, dia mengundurkan diri pada tahun 1906 dan keliling Jawa.

Selanjutnya pada tahun 1908 bekerja pada Perkebunan Kopi Djaen di Mojokerto. Dia bekerja sebagai administrator. Van Stein Callenfels memiliki ketertarikan yang amat sangat terhadap budaya Jawa, terutama terhadap budaya wayang dan Hindu Jawa.

Sejak tahun 1915, van Stein Callenfels bekerja pada Oudheidkundige Dienst van Nedelands-Indie atau Dinas Purbakala Hindia Belanda. Kemudian antara tahun `1921 sampai 1924, van Stein Callenfels berada di Belanda untuk belajar kembali dibidang arsitektur dan arkeologi.

Guru-guru dari Van Stein Callenfels di Leiden antara lain J. Ph. Vogel, G. A. J. Hazeu, serta N.J. Krom. Menyelesaikan belajarnya pada tahun 1924 dengan disertasi yang berjudul “Sudamala in de Hindu-Javaansche Kunst” (Sudamala dalam Seni Hindu – Jawa) yang diterbitkan dalam Verhandelingen van het Koninklijk Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappaen, 66 : 1 (tahun 1925).

Masa belajar di Belanda, van Stein Callenfels menyaksikan bahwa hampir tidak ada kajian atau penelitian di bidang zaman Prasejarah di Hindia Belanda. Hal ini menjadi motivasi bagi van Stein Callenfels untuk kembali ke Hindia Belanda menjadi sebagai inspektur di bidang Arkeologi.

Kembali ke Hindia Belanda (Indonesia) menggiatkan kajian atau studi tentang prasejarah di Hindia Belanada. Banyak melakukukan ekskavasi atau penggalian, yang paling penting ekskavasi Gua Lawa di Sampung dekat Madiun. Van Stein Callanfells dianggap sebagai pendiri dari upaya pengkajian dan penelitian prasejarah di Hindia Belanda.

Van Stein Callanfells melakukan penelitian secara metodis dan sistematik tentang prasejarah, khususnya di Hindia Belanda, sehingga menjadi perhatian dunia internasional. Hal ini terkait dengan teori-teorinya tentang hubungan prasejarah di berbagai daerah di Asia.

Dia juga berhasil menjadi pembicara dalan Pan-Pacific Conggress (Konggres Pan Pasifik) yang dilakukan tiga tahun sekali. Penghargaan dari dunia internasional didapatkan van Stein Callenfels, seperti dari Inggris, Thailand, Annam, Kamboja, juga dari Belanda.

Van Stein Callenfels meninggal di Kolombo dalam perjalanannya menuju Belanda pada tahun 1938.

Minat terhadap kajian ini ---- silakan kontak 082266017593
email: museumboemipoeger@gmail.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar