Minggu, 03 Juni 2018

KOMUNIKASI


 
Gumpalan Alam dan Person
Oleh
Y. Setiyo Hadi
Boemi Poeger Persada
Hp – wa 082266017594

Interaksi manusia dengan alam semesta, serta interaksi manusia dengan manusia (social life), menuntu ada saling berbagi (sharing) antara satu dengan lainnya (baik alam dengan manusia, maupun hubungan antar manusia). Berbagi dalam interaksi alam dengan manusia dan antar manusia menjadi basis atau landasan dari pengertian komunikasi.

Munculnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terjadi karena adanya saling berbagi antar alam dengan manusia serta antar manusia. Dari keterangan berbagi antar alam dengan manusia serta antar manusia, maka terjadi tiga hubungan dalam alam semesta:
1.      Hubungan Antar Unsur Dalam Alam Semesta (disebut sebagai Alam / Universe);
2.      Hubungan Antar Alam (unsur-unsur dalam alam semesta) dengan Manusia;
3.      Hubungan Antar Manusia (Social).

Inti dari hubungan tersebut terangkum dalam istilah dan pengertian Komunikasi. Secara etimologi, komunikasi dalam bahasa Inggris “Commnunication” yang berasal dari bahasa Latin “communicare” yang secara pengertian bahasanya sebagai berikut:
-          "to put in common" = untuk dimasukkan dalam umum, untuk umum
-          "to share" = untuk dibagikan, berbagi,

Penggunaan istilah komunikasi, secara etimologis di atas, berarti berbagi barang-barang nyata, seperti: makanan, tanah, barang-barang, perlengkapan, dan sebagainya. Kini digunakan untuk pengetahuan dan informasi yang diproses oleh sesuatu yang hidup atau komputer.

Sebetulnya, komunikasi tidak sebatas “who say what to whom” (siapa mengatakan apa kepada siapa) (ini sebagai pengertian komunikasi yang sebatas antar manusia, namun komunikasi merupakan transmisi berbagai bentuk informasi yang terdapat dalam interaksi alam dengan manusia dan antar manusia sekaligus di dalamnya. Dengan demikian pengertian komunikasi memiliki arti yang luas dengan subyeknya adalah manusia.

Makna yang luas tentang komunikasi penting diungkapkan untuk mengoptimalkan berbagai usaha menggali dan mengembangkan potensi. Ada dua katagori komunikasi, yaitu:
-          Komunikasi Alam Semesta Dengan Manusia;
-          Komunikasi Antar Manusia dalam Kehidupan Sosial.

Dari kedua katagori komunikasi kemudian dikembangkan sebagai model, konsep, teori, dan aplikasi berbagai bentuk yang terkait dengan bidang komunikasi.

Jember 03 Juni 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar