Minggu, 03 Juni 2018

SPOTLIGHT ALIAS SOROTAN

Spotlight / Cahaya Fokus


Oleh
Y. Setiyo Hadi
Boemi Poeger Persada
Hp – wa 082266017594


Spotlight , dalam kamus Webster, memiliki pengertian tempat yang diproyeksikan atau lingkaran cahaya yang digunakan untuk menerangi cemerlang satu orang atau obyek atau kelompok di atas panggung. Spotlight ini berarti suatu titik yang ditonjolkan dari cahaya yang digunakan untuk menerangi secara jelas seseorang atau obyek atau sekelompok pada sebuah panggung.

Penggunaan istilah spotlight pada umumnya dipergunakan untuk system pencahayaan panggung teater maupun pentas atau panggung[1]. Penggunaan pencahayaan spotlight pada panggung atau pentas merupakan jenis bentuk pencahayaan seperti lampu sorot dengan cahaya seperti lampu senter atau lampu mobil.

Pencahayaan spotlight dilakukan agar sebuah obyek menjadi lebih focus. Pencahaayaan spotlig menjadi area (bagian) yang tidak disorot menjadi gelap. Pencahayaan spotlight dengan memancarkan cahaya ke daerah tertentu dalam bentuk kerucut deng sumber cahaya terletak pada puncak kerucut sehingga obyek-obyek yang terletak pada kerucut tersebut yang nampak. 

Inti dari spotlight dalam system pencahayaan merupakan cahaya yang mempunyai sumber cahaya dan target. Pencahayaan spotlight memberikan dampak atau efek yang menyebar yang digunakan untuk efek lampu sorot.

Kata yang sepadan dengan Spotligh adalah Focus. Focus, the center of interest or activity, yang berarti pusat dari perhatian atau aktifitas. Pengertian fokus dalam konteks sosial dan ekonomi keadaan atau kualitas yang menghasilkan keadaan visual yang jelas.

Spotlight dan focus memiliki kesamaan dari titik inti atau pusat dari sesuatu, secara khusus atensi atau perhatian. Keduanya mengacu pada suatu tempat atau posisi yang tepat di mana berkas cahaya, panas, atau suara, atau sesuatu bertemu setelah bergerak ke arah satu sama lain, dengan kata lain titik fokus.

Ada beberapa penjelasan dalam bentuk terkait dengan kesamaan antara spotlight dan fokus. Keberadaan pengertian ini dapat digunakan dalam aktifitas atau perilaku sehari-hari untuk mendapat hasil yang optimal dan maksima. Untuk mengarahkan perhatian terhadap sesuatu atau seseorang;
-          Untuk menyesuaikan sesuatu agar dapat melihat atau terlihat lebih jelas;
-          Hal utama atau paling penting utuk perusahaan atau organisasi;
-          Tindakan memberi perhatian kepada sekelompok pelanggan tertentu atau aktifitas tertentu;
-          Kemampuan untuk memberikan semua perhatian, waktu, dan energi untuk kegiatan tertentu;
-          Memberikan banyak perhatian, waktu, energi, dan sebagainya, kepada satu kelompok atau aktifitas tertentu.

Contoh-contoh pernyataan tentan spotlight dan fokus di atas merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Cara spotlight dan fokus dalam digunakan dalam melakukan sesuatu dalam kehidupan manusia untuk mencapai kesuksesan.


Jember, 04 Juni 2018


[1] Pada system pencahayaan panggung setidaknya ada empat jenis, yaitu: spotlight (pencahayaan seperti lampu sorot), direct (sumber cahaya dengan sasaran cahaya memiliki intensitas cahaya yang sama), omni (pecahayaan yang menyebar ke segala arah dari satu titik sumber pencahayaan), dan skylight (pencahayaan yang tersebar di mana-mana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar