Kamis, 08 Maret 2018

JASA MEMBERSIHKAN PUSAKA LOGAM



Oleh
Y. Setiyo Hadi
Penggiat Sejarah dan Budaya Nusantara
Penggagas Museum Boemi Poeger

UNESCO telah menetapkan keris sebagai Adikarya Peninggalan Sejarah dan Budaya. Bangsa Nusantara patut berbangga, bahwa dunia telah mengakui pusaka logam keris sebagai karya budaya nenek moyang yang memiliki nilai ilmu pengetahuan teknologi yang tinggi dan indah.

Usaha menghargai dan melestarikan pusaka keris perlu disertai dengan tidak menghilangkan nilai-nilai yang ada di dalam warisan leluhur tersebut. Langkah utama dari pelestarian warisan budaya leluhur dengan mempelajari dan mempraktekkan pengetahuan itu yang benar dan logis mengenai membersihkan dan merawat keris.

Membersihkan dan merawa pusaka keris, yang dikenal dengan sebutan jamasan, tidak ditujukan menyembah keris tersebut. Tujuan utamanya melakukan perawatan fisik terhadap berbagai benda yang bernilai sejarah, serta melestarikan tradisi ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh leluhur Nusantara.

Pusaka keris memiliki nilai historis dan pengetahuan yang tinggi. Pusaka keris merupakan bukti sejarah dan budaya pencapaian kejayaan budaya bangsa.

Oleh sebab itu, Jasa Membersihkan Pusaka Logam diselenggarakan. Tujuan diselenggarakan ini untuk melakukan penggalian pelestarian berbagai khasanah tradisi ilmu pengetahuan dan teknologi yang terdapat di bumi Nusantara.

Jasa Membersihkan Pusaka (Logam)

Melestarikan Warisan Tradisi Ilmu Pengetahuan Nusantara

+
Ngopi dari Boemi Poeger
Contact / wa = 082266017593

Tidak ada komentar:

Posting Komentar