Kamis, 15 Maret 2018

MEMAHAMI PUSAKA


oleh
Y. Setiyo Hadi




Setiap generasi manusia meninggalkan berbagai hasil karyanya yang kemudian disimpan turun temurun oleh generasi-generasi berikutnya. Manusia hidup dalam suaatu lingkungan alam dan di dalam lingkungan alam ini manusia tumbuh berkembang membangun kebudayaan dan peradaban.

Alam menjadi tempat hidup manusia serta menyediakan berbagai sumber kebutuhan dan keinginan manusia. Interaksi manusia dengan alam semesta merupakan interaksi timbal balik antara satu dengan lainnya.

Perjalanan kehidupan manusia dari masa ke masa, mulai dulu sampai kini dan berlanjut ke masa depan, senantiasa terkait dengan alam semessta. Dengan demikian ada pokok, yaitu: interaksi manusia dengan alam lingkungan yang membentuk kebudayaan (culture) dan hubungan manusia dengan manusia yang membentuk kehidupan sosial (society).

Interaksi manusia dengan alam semesta ini kemudian membentuk suatu konsep sesuatu yang diwariskan kepada generasi berikut dan atau kepada pihak lainnya. Sesuatu yang diwariskan ini disebut pusaka (heritage atau warisan).

Disadar maupun tidak sadari, manusia senantiasa bergumul dengan keberadaan pusaka di manapun manusia berada. Mengapa demikian?

Jawaban dari pertanyaan tersebut akan terjawab dari pengertian dan pemahaman pusakan atau warisan atau heritage yang secara universal ada di dunia ini. Pusaka ini memiliki peran  yang penting untuk keberlanjutan hidup manusia.

Boemi Poeger, 15 Maret 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar